MENGULAS BEBERAPA FITUR SEARCH ENGINE BING.com

1.1  SEARCH ENGINE

Search engine merupakan sebuah mesin / aplikasi pencarian web yang berjalan pada sebuah web browser (Mozilla,Chrome,dll) berfungsi untuk mencari informasi dengan mudah dan cepat. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web. Sudah menjadi hal yang utama bagi seseorang yang berselancar di dunia internet untuk menggunakan search engine, banyak sekali search engine yang dapat digunakan di internet, seperti halnya google,yahoo,bing,dan masih banyak lagi. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google,Yahoo dan Bing. Selain fitur utama sebagai mesin pencari web, search engine ini memiliki fitur-fitur khusus untuk digunakan oleh pengguna internet, namun fitur tersebut jarang digunakan, maka dari itu dalam pembahasan ini akan diulas beberapa fitur yang dimiliki oleh search engine. Search engine yang akan dicoba yaitu search engine Bing. Dimana search engine ini memiliki ciri khas tersendiri dari search engine lainnya.
1.1  SEARCH ENGINE BING
Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (di iklankan sebagai "mesin pengambil keputusan/decision engine") yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
1)      Web untuk pencarian halaman situs atau website.
2)      Images untuk pencarian gambar.
3)      News untuk pencarian berita.
4)      xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Pada tanggal 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana Bing akan menggerakkan Yahoo! Search. Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search diharapkan telah mengalami transisi tersebut pada awal 2012.
1.1  Fitur Bing
Terdapat fitur tersendiri yang dimiliki oleh search engine ini, antara lain:
1)      Terdapat background gambar pada form pencarian yang dapat diubah oleh pengguna.
2)      Terdapat tombol untuk menyembunyikan menu-menu pada search engine
3)      Terdapat sebuah layanan Bing Webmaster Tools
4)      Login Bing menggunakan akun Microsoft
5)      Office tools online (Bila pengguna sudah memiliki akun Microsoft dan login)
6)      Fitur Smart Video Preview
7)      Fitur safe search untuk membatasi content 

Lanjutkan membaca? KLIK nya tuh disini !

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »