PENGALAMAN PRIBADI NGURUSIN MUTASI MASUK SEPEDA MOTOR DI KANTOR SAMSAT.

Assalamualaikum,,, Hallo sobat blogger, udah lama nih ane gak muncul di sini, kali ini ane mau bagi bagi pengalaman sendiri waktu di SAMSAT (Tempat ngurusin surat2 motor gitu) kebetulan ane dapet motor warisan dari ortu.hhe… gini ceritanya…
            
Awalnya motor yang dikasihin itu ber PLAT “T” (Alias dari Purwakarta/Karawang) Dikarenakan saya tinggal di Bandung, Bandungnya juga bandung barat (deketan lah sama Purwakarta) jadi ane putuskan buat pindah ke plat Bandung skaligus pindah nama (Istilah di SAMSATnya sih Mutasi) :D


Pertama-tama… (Dikira mau masak ya)

a)  Urusin dulu berkas2 mutasi keluar dari Purwakarta (Datang ke SAMSAT Purwakarta)
b)  Nunggu 2-3 mingguan berkas mutasi keluar dari SAMSAT Purwakarta beres
c) Apa aja sih berkas2 yg harus kita siapin ?
-          Ada STNK asli (Kebetulan  udah habis pajak 5 taunan)
-          Ada fotocopy KTP ortu sm fotocopy KTP ane sendiri
-          Ada BPKB asli
-          Faktur pembelian motor dari “deler” (gitu ya nulisnya?)
-          Ada kwitansi pembelian motor
-          Udah.


d) Berkas dari SAMSAT Purwakarta
-          Ada Map khusus SAMSAT
-          Ada surat mutasi keluar
-          Ada surat pernyataaan pajak daerah
-          Ada resi mutasi keluaar Purwakarta
-          Ada surat cinta polisi (Loh kok?) Jangan dianggap.
-          Udah.


e) Lanjut ke Samsat Bandung Barat.
Sesudah berkas dari SAMSAT Purwakarta lengkap, ane lanjut ke SAMSAT Bandung Barat. Supaya ceritanya gak kemana-mana lanjut ke TKP.
Pertama-tama… (Mau masak lagi nih :p )
1.      Datang pagi ke SAMSAT Bandung Barat (Samsat buka jam 08.15)
2.   Simpen motor diparkiran, terus panggil teknisi (Biasanya berkeliaran di parkiran pake seragam montir warna biru donker)
3.   Suruh teknisi itu GOSOKIN BADANNYA ke motor (Lohhhh….) Maksudnya suruh teknisi itu buat ngecek motor, entar bakal ada yg digosokin ke mesin motor (Nah loh apaan tuh ???) Ini namanya Cek Fisik. Biayanya terserah tapi kebanyakan orang2 pada ngasih 10.000. Biar lebih jelasnya CEKIBROT video ini:

………………………………LOADING-----------------------------------
----------------------------------- Loading----------------------------------

4.     Sesudah cek fisik motor, lanjut ke Loket “CEK FISIK” buat di data sama petugas Loket tsb (Kumpulin berkasnya, duduk manis, trus dipanggil)

5.     Setelah selesai dari loket “CEK FISIK” lanjut ke gedung SAMSAT yg di depan. Datang ke loket “MUTASI MASUK”

6.      Nahhhh… di SINILAH ANDA WAJIB HUKUMNYA WASPADA !
Diloket ini biasanya petugas menawarkan jasa CEPAT TAU BERES (Apaan tuhhhh???) Gini ceritanya setelah ane beres CEK FISIK Motor ane ke loket “MUTASI MASUK” terjadilah percakapan ini:

Loket: Semuanya sudah lengkap?
Ane: Sudah om. Prosesnya gimana lg?
Loket: Gak jawab…
Ane: Kira2 total biaya sampe semua beres berapa?
Loket: (Ngitung2 pake kalkulator gedenya) Nih totalnya (Sambil nunjukin hasil hitungnya) “765.000” Bisa lah 750.000,00
Ane: (Mikir) Oh… (Disini ane baru inget kalo ortu punya kenalan org SAMSAT) Ane langsung bilang az mau ke pak “|ANU” (nama disamarkan demi keamanan pihak terikat eh terkait)
Loket: Oh udah sama pak ANU, udah janjian ?
Ane: Belum sih tapi mau nemui sekarang
Loket : Sebentar ya (Ditelfonin deh si pak ANU nya
Dan Bertemulah sama pak ANU…bla,bla,bla… (Basa basi)
Setelah terjadi percakapan lumayan sengit (Dikira berantem sengit) BETAPA KAGETNYA disitu, Ane dipanggil sama pak ANU dan terjadilah percakapan ini:
Pak ANU: Gini mas, kata orang di loket biaya sampe beres itu sekitar Rp 900.000
Ane: Waduh… yg bener aja pak ? Gak ada uangnya kalo sgtu.
Pak ANU: Gak bawa ya? Ya udah gini aja berkasnya taruh dulu disini nanti seminggu lagi kesini !
Ane: Agak kurang setuju, langsung aja nelpon org tua (selaku pemberi motor) terus hp ane kasih ke pak ANU.
(TERJADILAH PERCAKAPAN GAK JELAS tapi Ane denger dikit yg jelas)
Pak Anu: Gini pak kata petugas loket katanya Rp900.000,-  bla-bla,,,
                        Ortu: !@#$@$%#^%&$$*^%&$%#%$% (Gak tau ngmong apa)
Pak ANU: Kemahalan ya pak, ya udah pak mending jalan sendiri aja ya, gak akan sampe segitu kok kalo sendiri.
Ortu: - (Telpon ditutup)
                        Kembali ke pak ANU sama Ane yang ngobrol
Pak ANU : Ya udah mas, nanti seminggu lagi kesini lagi aja (hari jumat) minta nomor hp buat jaga2. Minta resi STNK ke loket “MUTASI MASUK” buat jaga2 dijalan biar gak kena tilang.

Tibalah di hari jumat (Seminggu dari jadwal yang ditentukan)
Ane datang lagi ke SAMSAT Bandung Barat dengan berbekal uang 900.000,- buat jaga2. Nemuin lagi pak ANU kata pak ANU gini…
Pak ANU: O iya mas ambil lg berkasnya di loket “MUTASI MASUK”
Ane: Iya pak (Ane ke loket “MUTASI MASUK” terus disuruh ke Loket 2-16-13

Diloket 2 ane dikasih form pengisian data pribadi dan data motor, Lanjut ke loket 16 Nih fotonya:

Disini loket 16 ini cek data pribadi sama data motor . 

Lanjut ke Loket 13
Loket 13


Di loket 13 Ane disuruh bayar Rp 100.000,- untuk biaya pembuatan BPKB baru. Udah gitu disuruh duduk di kursi depan loket 13.

Nunggu lumayan lama sampe mau jumatan baru dipanggil Sdr MUCH HERRYANTO… (nama Ane dipanggil) terus ke loket 9 (Kasir). Disini Ane bayar biaya pajak motor Rp 480.000,-  sama konfirmasi alamat rumah (Cieee udah GE-ER mau di apelin) Udah gitu ane disuruh duduk dipangkuan mbak kasir (Eh ngaco…) maksudnya duduk di kursi depan loket nunggu STNK di cetak.

Gak lama kemudian nama Ane dipanggil lagi di loket Pengambilan STNK.
Dannnnnnn.... jadi :

Sesudah ngabil STNK, ane disuruh ke loket 13 lagi buat ambil Resi BPKB. Tapi keburu tutup soalnya jumatan, ya udah ane OTW mesjid dulu…
Jumatan beres, lanjut ke loket 13 minta Resi BPKB ke petugas loket 13 (Loket BPKB) Trus ngasihin resi & nyuruh balik lagi 2 bulan kemudian (berarti 10 desember).

Keluar dari kantor SAMSAT menuju tempat pembuatan TNKB alias PLAT NOMER.
Karena waktu pengambilan cuman sampe jam 12.00 jadi ane putuskan ngambil plat nomornya dihari senin.
Lanjut,,, 

Senin 14 okt 2014 ane dating ke SAMSAT lebih awal jam 07.30 udah standby depan loket pengambilan TNKB (Plat Nomor) Cara pengambilannya:

Pertama-tama,,,
1.      Siapkan Fotocopy STNK&PAJAK kendaraan
2.      Datang ke loket TNKB sambil menyerahkan fotocopyan STNK
3.      Tunggu sampe nama dipanggil (Dipanggil sama petugas loket ya bukan sm Yang maha kuasa)
4.      Setelah nama dipanggil kita disuruh menyerahkan TNKB (Plat No) yang dulu pernah dipakai. SARAN: usahakan sebelum ke loket cabut plat nomer yang terpasang pada motor.
5.      Setelah TNKB bekas diserahkan ke loket, selanjutnya ane disuruh duduk lagi buat nunggu dipanggil ngambil Plat No yang baru
6.      Dan… ini dia !!!!


Nah,,, Jadi kesimpulannya…. Proses awal mutasi masuk memang banyak halangan,rintangan membentang tak jadi masalah dan tak jadi beban fikiran (Bentar2 kok ky lagu) Ya pokoknya jangan tergiur akan proses “TERIMA BERES” tanpa kita tau alur/proses yang sebenarnya.

O iya ane berterimakasih juga sama pak ANU yang udah ngasih saran yang baik sama org tua ane Supaya gak pake jasa CALO, semoga dilancarkan kerjanya pak :D

TOTAL BIAYA YANG DIKELUARKAN (Untuk Mutasi Masuk ke BDG BRT)
1) Cek fisik motor: Rp 10.000
2) Biaya bikin BPKB baru Rp100.000
3) Biaya cetak STNK (Sekaligus Pajak Awal) Rp 480.000
4) Lain2… 20.000 (Jajan)


TOTAL Rp 610.000,-

:::  Sekian cerita pengalaman ane, makasih yang udah mau baca :D :::

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
10 September 2015 pukul 15.50 delete

terima kasih infonya
bagaimana mutasi motor dg baik
thanks ya

Reply
avatar
Ads
19 April 2016 pukul 08.08 delete

Itu motor apa ya gan? Kalo beda motor, beda biaya pajak, beda biaya mutasi masuk juga gan? :D

Reply
avatar
25 April 2018 pukul 17.16 delete

jd tmbH ilmu nih,thanks gan

Reply
avatar
5 Mei 2018 pukul 16.15 delete

Motornya pasti dibawah 125cc ini mah murahh.. Kalo motor ane R25 kira" brpa ya gan nti byarnya.. Bwa uang dri rumah nya brpaa gtu?

Reply
avatar
5 September 2018 pukul 08.46 delete

Gimana ngitung nya om.. 😅

Reply
avatar